Sertifikat Tanah Disebut Tak Ada Gunanya, Jokowi: Kita Lanjutkan!

Sertifikat Tanah Disebut Tak Ada Gunanya, Jokowi: Kita Lanjutkan!

Jakarta - ( Dikutip dari website resmi Detik.com )

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku tidak mempersoalkan kepada beberapa kalangan yang bilang bahwa program pemberian sertifikat tanah kepada masyarakat tidak ada gunanya.

Hal itu diungkapkan saat memberikan 3.000 sertifikat hak atas kepemilikan tanah di Gelanggang Remaja, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (22/2/2019).

"Kalau ada orang bilang bagi-bagi sertifikat tidak ada gunanya, ya tidak apa-apa. Tapi tetap program ini akan terus kita lanjutkan," kata Jokowi.

Jokowi bilang masih ada sekitar 36 ribu bidang tanah di DKI Jakarta yang belum bersertifikat dan akan dirampungkan pada tahun ini.
 


Keberlanjutan program bagi-bagi sertifikat ini juga dikarenakan dari 126 juta bidang tanah baru 46 juta yang sudah tersertifikat. Sehingga, secara nasional masih ada sekitar 80 juta bidang tanah yang belum tersertifikat.

"Oleh karena itu, sejak 2016, lalu 2017 saya minta terbitkan 5 juta, 2018 ada 7 juta, alhamdulillah semua target terlampaui," ungkap dia.

Alasan selanjutnya pemerintah akan melanjutkan program bagi-bagi sertifikat juga karena tidak ingin masyarakat menunggu harus sampai 160 tahun lamanya untuk mendapatkan sertifikat tanah.

"Karena tahun-tahun sebelumnya hanya menerbitkan 500 ribu per tahun, artinya bapak ibu menunggu 160 tahun, bapak mau? Ibu mau?, Sehingga target ini kita berikan ke kantor BPN di seluruh Indonesia," ungkap dia.

 

 

Referensi :

Hendra Kusuma. 2019. Sertifikat Tanah Disebut Tak Ada Gunanya, Jokowi: Kita Lanjutkan! di detikFinance (diakses 22 februari)